Kriteria yang Harus ada di Setiap Makanan Bergizi

0 188

Makanan merupakan kebutuhan tidak dapat ditinggalkan. Setiap hari tentunya pasti makan. Bahkan ketika puasapun kita harus makan, makan sahur dan buka puasa. Nah, makanan yang dimakan tentunya tidak sembarangan.

Masak harus dan badanpun jadi sehat, namun jangan sampai karena makanan yang dimakan, malah menjadi sakit. Seharusnya makanan bergizi dengan komposisi yang lengkap, harus terdapat karbohidrat, sedikit lemak, protein, vitamin serta serat.

Makanan Bergizi

makanan bergizi

Supaya apa yang dimakan oleh kamu menjadi tubuh menjadi lebih sehat, harus mengetahui apa itu makanan bergizi dan kriteria yang harus ada disetiap makanan bergizi. Di antaranya dibawah ini:

  • Halal dan Baik

Makanan bergizi yang halal dan baik merupakan sebuah kewajiban. Kamu tidak dapat menghilangkan kriteria utama ini. Sudah sangat jelas pokoknya semua makanan yang kamu makan harus halal. Jika dapat disempurnakan dengan yang baik-baik juga.

Makanan halal tentunya jelas tidak haram dong, yang apa-apa dilarang tidak boleh kamu makan sedikitpun. Namun, kamu harus ingat kata baiknya, jadi jangan sampai kamu mengabaikan yang baik, apabila kamu memakan yang halal namun mengabaikan yang baik maka masih tetap kurang. Misalnya, daging kambing, makanan halalkan, jika mentah tidak baik namanya. Masak dahulu baru dapat kamu makan.

  • Sedikit Garam

Makanan yang memiliki kandungan garam banyak sebaiknya kamu sekarang membatasi konsumsinya. Jika bisa, memilih menu makanan bergizi yang tidak begitu asin. Pembatasan garam tersebut diutamakan bagi kalangan yang memiliki hipertensi. Dapat kambuh hipertensinya jika banyak-banyak makan garam maupun makanan yang memiliki kandungan garamnya terlalu tinggi.

  • Sedikit MSG

Jika yang satu ini masih diperdebatkan, ada yang mengatakan aman, adapula yang mengatakan jangan konsumsi MSG. Menurut kami sebaiknya makanan bergizi jangan sampai berlebihan diberi MSG, kurangi konsumsinya. Semuanya yang berlebihan pasti tidak akan baik untuk kesehatan. Tidak hanya mengkonsumsi MSG, makan apabila berlebihan maka akan terjadi obesitas pada tubuh kamu.

  • Minyak Goreng Tidak Berlebihan

Tidak minum minyak loh, maksud disini yaitu sedikit gunakan minyak ketika proses masak bahan pangan. Jika memasak dengan menggunakan minyak, suhunya tinggi, jadi zat gizi pada makanan bergizi tersebut rusak. Selain itu, konsumsi gorengan terlalu sering tidak baik juga. Selain mengancam kolesterol, jika minyak digunakan warnanya hingga hitam maka tidak baik untuk kesehatan. Kandungan radikalnya pada minyakk tersebut telah sangat tinggi.

  • Serat

Serat sangat banyak dimiliki oleh sayuran ataupun buah-buahan. Konsumsi serat tersebut sangat baik bagi pencemaran. Jika tidak suka dengan sayuran dapat mengkonsumsi buah-buahan. Namun, jika ingin mencoba memakan sayuran, dapat kamu coba gado-gado, pecel, lotek. Itu adalah makanan bergizi dominan dengan sayur, namun rasanya pasti enak, jika tidak percaya coba deh cobain.

  • Tingkat Kematangan Harus Cukup

Makanan bergizi yang dimasak yang tidak begitu matang ditakutkan masih ada bakteri yang berbahaya. Masalah makanan secara matang yang sempurna, jangan sampai setengah-setengah. Memasak untuk anak jangan setengah-setengah, bakteri berbahaya jika dikonsumsi dapat menyebabkan penyakit. Memang sih, ringan-ringannya diare, namun jika bakterinya sudah super bahaya dapat fatal akibatnya.

  • Lemak Sedikit

Sebetulnya lemak dibutuhkan pada tubuh, namun kadarnya tidak banyak. Hanya sedikit dan cukup sedikit saja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika terlalu banyak konsumsi lemak, maka selain kolesterol dapat meningkatkan dan menyebabkan obesitas.

Sepertinya, mungkin demikian yang dapat kami sampaikan mengenai makanan bergizi, intinya jangan sampai kamu berlebihan dalm mengkonsumsi apapun karena apapun yang berlebihan itu tidak baik. Selamat memasak dan memilih makanan bergizi untuk keluarga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.