Benarkah Makanan Tradisional Ketinggalan Jaman?

0 184

Entah mengapa tidak sedikit kalangan masyarakat Indonesia lebih suka mencoba makanan yang ada di luar negeri, padahal makanan tanah air belum semua dicobain.

Tidak sedikit jumlah makanan yang ada di Indonesia dari macam-macam suku dari Sabang sampai Merauke, semua itu tentunya memiliki khas meski kadang terdapat sedikit kesamaan.

Apa mungkin terdapat pemikiran bahwa makanan tradisional ketinggalan jaman dan terlihat kuno? Lalu, apa itu makanan tradisional?

Invasi Asing Menyerbu Indonesia

Alasan yang dapat diterima yaitu akibat invasi asing yang menyerbu Indonesia. Yang mana gerai cepat saji yang berasal dari luar yang masuk ke negara kita serta menjadi trendsetter membuat tidak sedikit kalangan mencobanya apabila tidak maka akan ketinggalan jaman. Miris sekali ketika melihat keadaan tersebut dan beberapa kalangan masyakat mudah terpengaruh oleh hal demikian.

Apabila kamu pernah mengunjungi bazar makanan, dominasi sekarang ini tentunya banyak makanan Korea serta berbagai makanan negara Asia lain seperti Jepang. Kemudian kemanakah makanan tradisional dengan rasa sangat kaya serta lezat harus ditinggal serta mulai dilupakan para kalangan remaja.

Tidak sedikit makanan mulai sulit ditemyi karena minatnya sedikit, seringkali makanan tersebut hanya hadir ketika bulan puasa.

makanan enak

Roti Tradisional Sedikit Terancam

Toko rotipun lebih banyak yang sudah menjamur daripada kios pasar, tidak sedikit kalangan yang suka roti dengan ala Perancis maupun Amerika dikarenakan lebih suka oleh pasar. Sementara untuk kios pasaran tradisional bukanya hanya dipagi hari, sedangkan toko roti buka lebih 12 jam.

Padahal kue tradisionalpun memiliki peminat cukup banyak, rasa yang tidak kalah bersama kue barat. Maupun kemasan kurang menarik hingga kue makanan tradisional tidak begitu cocok di mall maupun bandara.

Minuman Tradisional Perlu Dilestarikan

Pada bagian minumanpun tidak kalah nih invasinya, penetrasi minuman luar negeri atau kekinianpun mengancam ketradisionalannya. Apalagi minuman yang tradisional tersebut digencet minuman yang berkemasan. Minuman tersebut jelas sangat sehat serta tanpa adanya bahan pengawet serta tentunya lebih sehat.

Apalagi jika kamu lihat makanan tradisional tentunya lebih mudah untuk dibuatkan sendiri daripada makanan jaman now belum tentu bahannya dapat dengan mudah ditemukan. Biasanya minuman yang tradisional dibuat sesuai dengan khasiat maupun kegunaannya. Terdapat filosofi sangat menarik yang dapat dipelajari.

Makanan Indonesia Banyak dikenal di Mancanegara

Apabila melihat keluar, dapat dilihat makanan tradisional Indonesia tidak sedikit yang terkenal di mancanegara, misalnya rendang menjadi makanan paling favorit pada beberapa Negara Eropa serta Amerika, nasi goreng Indonesia telah dikenal dari jaman dahulu ketika bangsa Indoensia saat dijajah Belanda, tempat yang telah menjadi primadona makanan Jepang.

Kemudian apa yang menjadi alasan masyarakat untuk tidak mau mengkonsumsi makanan tradisional sehingga dapat membuat menenggelamkan makanan khas kita sendiri?

Makanan Indonesia Menjadi Raja di Negeri Kita agar Tidak Ketinggalan Jaman
Diharapkan makanan tradisional Indonesia dapat hadir di setiap acara misalnya acara kenegaraan serta tentunya harus dijadikan sebagai suatu kebanggaan setiap kalangan Indonesia.

Kemudian pertanyaannya apakah kamu suka kuliner makanan Indonesia? Apakah telah mencoba semua makanan khas di daerah yang ada di Indonesia? Apabila belum, sebaiknya mulai mencari informasi serta icip-icip rasa.

Jangan sampai kamu ragu memperkenalkannya terhadap wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. makanan serta minuman lokal harus menjadi raja di negeri kita sendiri, chef pun diharuskan menghadirkan makanan tradisional sebagai menu utama pada tempat kerjanya.

Kamipun sangat mendukung jika ada program masakan di televisi mengenai makanan tradisional yang mengutamaka resep local hingga masyarakat bsa engenal serta membuatnya sendiri.

Setidaknya bahan dapat didapatkan dengan mudah, dengan menggunakan sayur serta buah yang segar tentunya akan giat masyarakat Indonesia belanja ke pasar tradisonal dapat meningkat.

Maju terus minuman dan makanan tradisional agar tidak ketinggalan jaman, kitapun harus menjunjung tinggi makanan khas daerah kita.

Leave A Reply

Your email address will not be published.